Sabtu, 28 Juni 2014

Media Pembalajaran pancasila PKN untuk siswa SD



NAMA  : Yoga Eka Wardhana
KELAS    : VI E
NIM       : A510120176
PROGDI                : PGSD

Langkah-langkah membuat media
1.    Langkah pertama siapkan bahan terlebih dahulu yaitu berupa (gunting,silet/kater,kertas A3 yang sudah ada gambar garuda lambang indonesia,siapkan gambar gambar implementasi dari simbol ke lima pancasila disusun dengan ukuran yang sama dan di gabung memanjanke bawah,siapkan lemlem kastol,kardus bekas dan sterofom).
2.    Langkah kedua gunting kertas A3 menjadi pola garuda lambang indonesia.
3.    Langkah ketiga tempelkan pola garuda ke sterofom kemudian potong sterofom sesuai dengan pola garuda setelah itu lapisi belakang sterofom tersebut dengan kardus supaya tidak mudah patah.
4.    Langkah ke empat potong bagian simbol-simbol pancasila dengan hati-hati dan serapi mungkin supaya pada saat di tempelkan kembali ke tempat semula hasilnya juga rapi.
5.    Langkah ke lima pasang gambar-gambar implementasi simbol-simbol pancasila sesuai dengan simbolnya masing-masing contoh sila pertama panca sila yang berbunyi “ketuhanan yang maha esa” di gambarkan dengan gambar-gambar tempat ibadah  majid gereja kuil, sila kedua yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab” digambarkan dengan gambar-gambar masyarakat yang membantu sesama yang sedang terkena musibah, sila ke tiga yang berbunyi persatuan indonesia” yang di gambarkan dengan gambar masyarakat yang berbeda suku,ras dan agama yang saling menghargai satu sama lain, sila ke empat yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai berlatar merah” digambarkan dengan gambar masyarakat yang sedang bermusyawarah untuk mencapai mufakat membuat jalan menyelesaikan masalah secara bersama-sama, sila ke lima yang berbunyi”Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” digambarkan dengan gambar pengadilan yang mengadili orang yang miskin biasa sama kaya tidak pandang bulu itu siapa yang terpenting adalah tercipanya keadilan di indonesia.
6.    Langkah ke enam adalah lipat kertas yang berisi gambar-gambar implementasi dengan rapi dan di pasan di bawah simbol sesuai masing-masing silanya

                        Kelebihan media pembelajaran Burung Garuda
1.      Mudah untuk di ingat karena media pembelajaran burung garuda menyajikan simbol-simbol pancasila yang dapat di bongkar pasang ,dengan begitu siswa akan mudah untuk mengingat simbol gambar pancasila tersebut.
2.      Mudah dibawa dan mudah untuk di pelajari dimana dan kapanpun ,karena media pembelajaran garuda ini pada dasarnya dibuat mini sehingga juga dapat di simpan dalam almari kelas.
3.      Mudah dalam membuatnya, guru tidak perlu pusing untuk membuat media pembelajaran ini karena media garuda ini dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran dan cara pembuatannya pun tidak sulit.
4.      Menarik, dengan menggunakan media pembelajaran garuda ini siswa akan lebih tertarik untuk mempelajarinya,karena simbol pancasila dihadirkan dalam konkrit (nyata) bukan abstrak . Dengan begitu siswa tidak perlu membayang-bayangkan seperti apa simbol-simbol yang terdapat dalam pancasila tersebut.
5.      Guru mudah mengajarkan media garuda ini untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap simbol, nilai serta sila-sila yang terkandung dalam pancasila.
6.      Media pembelajaran ini memberikan inovasi baru untuk guru dalam mengajarkan simbol-simbol dan nilai-nilai yang terkandung dalam burung garuda (pancasila) dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
7.      Aman untuk digunakan. Karena dalam pembuatan media pembelajaran garuda menggunakan bahan-bahan serta alat yang tidak berbahaya.
Kekurangan media pembelajaran burung garuda
1.      Kurang efektif apabila di terapkan dalam kelas yang siswanya berjumlah banyak, karena pada dasarnya media pembelajaran burung garuda ini bersifat miniature dan visual.
2.      Dibutuhkan ketelitian untuk membuat media pembelajaran burung garuda.
3.      Membutuhan sedikit modal untuk membuat media pembelajaran burung garuda ini.
4.      Membutuhkan kreatifitas dan inovasi .
5.      Tidak bisa didapatkan di pasaran karena media pembelajaran burung garuda ini adalah hasil dari kreatifitas sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar